Hewan Paling Cerdas Di Planet Bumi

Intelijen telah didefinisikan sebagai kemampuan untuk mencapai tujuan yang kompleks dalam lingkungan yang kompleks pula. Beberapa hewan mungkin lebih baik daripada manusia itu sendiri. Selain dari manusia, hewan apakah yang paling cerdas? Hewan yang paling sering dikutip adalah simpanse, diikuti oleh yang lain seperti Kera Besar (gorila dan orangutan). Jane Goodall, sebuah primatolog terkenal dengan 45-tahun studi simpanse Tanzania sosial dan kehidupan keluarga, membuat daftar lima dari hewan paling cerdas:

1. Kera besar, yang telah mempelajari bagian dari ASL (American Sign Language), dan bahkan mengajarkannya kepada satu sama lain. Selain itu, beberapa Kera Besar telah mampu menjalankan beberapa fungsi dasar pada komputer yang dirancang khusus-program, termasuk memecahkan masalah-masalah tertentu yang melibatkan bentuk berwarna.Hehe jadi ga enak neh

2. Paus dan lumba-lumba (Cetacea).Mungkin merupakan hewan paling cerdas di dunia akuatik. Seperti manusia, cetacea mampu menciptakan citra mental dan berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka di jarak yang jauh, dengan menggunakan echolocation dan mengklik khusus suara. Beberapa "lagu" bisa sangat kompleks, dan manusia cenderung tidak mengetahui untuk menggambarkan apa yang mereka maksudkan, meskipun apa yang telah ditemukan adalah sebuah bukti dari binatang cerdas.Hewan Paling Cerdas Di Planet Bumi



3. Gajah ,adalah hewan ketiga dari paling cerdas di daftar Goodall. Seperti Cetacea, gajah dapat berkomunikasi melalui jarak yang jauh dengan menggunakan frekuensi rendah dengan menggunakan kepala mereka yang besar. Sebagai ungkapan berbunyi, "seekor gajah tidak pernah lupa", dan memang benar bahwa memori hewan ini luar biasa. Kematian gajah bahkan punya ritual tersendiri, di mana orang-orang itu "berduka" seperti halnya sahabat mereka yang meninggal.



4. Kelompok lain binatang cerdas, satu-satunya pada daftar yang bukan dari jenis mamalia adalah burung beo.Burung Beo adalah burung yang banyak memiliki strategi, yang mana strategi spesies mereka adalah salah satu kualitas, bukan kuantitas. Menurut Goodall, salah satu burung beo, tahu dan mengerti 971 kata-kata, mereka juga mampu menirukan berbagai bunyi-bunyian yang sering mereka dengar. Burung beo juga mampu menirukan suara manusia dan memulai percakapan pendek.



5. Terakhir dalam daftar hewan paling cerdas adalah Kucing dan Anjing. Bagi siapa pun dengan anjing atau kucing, kecerdasan relatif jelas. Mereka dapat memahami karakter manusia melalui ekspresi wajah dan nada suara. Kedua anjing dan kucing bisa dilatih untuk melakukan tugas kompleks dalam berbagai cara, bahkan pispot terlatih, tetapi anjing jelas lebih cenderung untuk menerima perintah dari manusia.
Antara invertebrata, gurita sering disebut-sebut sebagai yang paling cerdas. Babi merupakan kelompok cerdas lain, seperti juga tupai. Ilmuwan baru saja mulai mempelajari seluk-beluk kecerdasan hewan, dan banyak lagi masih harus dipelajari.

Sumber : http://www.masbugie.com/2010/03/hewan-paling-cerdas-di-planet-bumi.html