Mobil Dinas Presiden dari Beberapa Negara di Dunia


Seorang kepala negara/kepala pemerintahan tentunya banyak memiliki kesibukan kenegaraan. Untuk menunjang kinerjanya tentu diperlukan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan kenegaraan tersebut. Termasuk diantaranya sarana transportasi.

Setiap kepala negara tentu memiliki kendaraan dinas kenegaraan, begitu juga Indonesia. Mobil dinas ini biasanya difungsikan untuk mendukung kegiatan kenegaraan, seperti menyambut kepala negara/delegasi negara asing. 

Mobil kenegaraan biasanya dilengkapi dengan berbagai kemampuan teknis yang berbeda dengan mobil-mobil sejenisnya yang ada di pasaran, seperti menggunakan kaca anti peluru, bebas dari kebakaran, struktur kabin pengaman yang bisa memberikan perlindungan maksimal ketika terjadi kecelakaan.
Biasanya kepala negara menggunakan mobil lokal sebagai mobil resmi mereka. Hal ini demi menunjukkan penghargaan karya otomotif dalam negeri. Presiden Amerika Serikat misalnya, menggunakan limosin Cadillac, para Kaisar Jepang menggunakan Toyota, para raja Inggris menggunakan Bentley, dan perdana menteri Italia menggunakan Maserati. Bagi negara yang memiliki perusahaan mobil lebih dari satu, biasanya mereka menggunakan secara bergantian. Selain sebagai kehormatan, penggunaan mobil dalam negeri sebagai mobil resmi negara juga untuk menunjukkan kehebatan mobil mereka. Bagi negara yang tidak memiliki industri otomotif dalam negeri yang mumpuni mereka biasanya memilih mobil produksi negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik kuat.

Berikut ini beberapa contoh kendaraan dinas kenegaraan yang ada di dunia.

1. for PM Italia "Maserati Quattroporte"


2. for PM Australia "Holden Caprice"

3. for Argentina "Audi A8"

4. for Presiden USA "Cadillac One"

5. for Laos "Toyota Crown"

6. for Kolombia "BMW760li"

7. for Brazil "Ford Fusion"

8. for Uruguay "Chevrolet Vectra"

9. for Prancis "Renault Safrane Biturbo"

10. for China "Grand Hover"

11. for PM Jepang "Hybrid Lexus"

12. for PM Malaysia "Proton Chancellor"

13. for Brunei "Rolls-Royce Phantom"

14. for Kaisar Jepang "Toyota Century":



15. for PM Denmark "VW Phaeton"

16. for INDONESIA "Mercedes Benz S600"

Perlu diingat:

Mobil kenegaraan di atas sudah dimodifikasi sedemikian rupa, dilengkapi dengan berbagai kemampuan teknis yang berbeda dengan mobil-mobil sejenisnya yang ada di pasaran, seperti menggunakan kaca anti peluru, bebas dari kebakaran, struktur kabin pengaman yang bisa memberikan perlindungan maksimal ketika terjadi kecelakaan, ban yang tidak bisa kempis, dan lain sebagainya.