Pulau Purba Ditemukan di Samudra Hindia


Ilmuwan menemukan dua pulau purba yang telah tenggelam di Samudra Hindia, yang berlokasi di sebelah barat Australia.
Pulau tersebut berukuran lebih kurang sepersepuluh luas DKI Jakarta dan dahulu menjadi bagian dari Gondwana, dataran luas di belahan Bumi selatan di masa lalu yang kini meliputi Antartika, Afrika, Amerika Selatan,
Irian, Selandia Baru, Kaledonia Baru, India, dan Madagaskar.
Ilmuwan dari Universitas Sydney, Macquaruie University, dan University of Tasmania di Australia menemukan dua pulau itu dalam ekspedisi memetakan dasar laut Perth Abyssal Plain. Meski dua pulau itu kini tenggelam di kedalaman 1,6 km di bawah laut, dulu pulau tersebut pernah menjadi salah satu daratan penghubung India dan Australia.
"Data yang diambil dari ekspedisi ini bisa secara signifikan mengubah pemahaman kita tentang bagaimana India, Australia, dan Antartika terpisah dari Gondwana," kata Joanne Whittaker, geolog dari University of Sydney, seperti dikutip Foxnews, Senin (14/11/2011).
Whittaker mengungkapkan, dua pulau tersebut disebut mikrokontinen. Menurutnya, pulau tersebut terbentuk ketika daratan India mulai menjauh dari Australia 130 juta tahun lalu di masa Cretaceus, ketika dinosaurus menguasai Bumi.