Asal Usu Bakso

asal usul bakso sejarah, gambar foto bakso enak dan lezat bergisi, makanan enak, nikmat aromanya, masakan indonesia, bakso malang
Tahu bakso kan, bakso.. Sejenis masakan berbentuk kuah dan bulatan-bulatan kecil sebagai pokoknya serta beberapa penambahan bahan lain seperti bihun, tahu, dan sebagainya... Tapi tahukan anda akan asal-usul bakso itu sendiri? Kalo belum tahu, ayo.. Monggo disimak dulu!

Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, ada seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil.

Dia berkepribadian baik dan berbakti kepada orang tuanya. Bakti Meng Bo pada ibunya sangat diketahui oleh para tetangga. Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa makan sesuatu yang agak keras.

Ini sedikit mengecewakan karena dia suka sekali makan daging. Meng Bo ingin membantu ibunya agar bisa mengonsumsi daging lezat lagi.

Sepanjang malam duduk, memikirkan bagaimana mengolah daging yang bisa dimakan oleh ibunya. Hingga suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi.

Melihat hal itu, timbul idenya. Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi.

Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat. Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya.

Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi. Kisah berbaktinya Meng Bo pada ibunya beserta resep baksonya, cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Akhirnya Penduduk berdatangan untuk belajar membuat bakso lezat pada Meng Bo.

Seperti itulah kira-kira perjalanan bakso mulai dari dulu sampai sekarang ini terkenal sebagai makanan khas Indonesia.

Re : http://www.blog-santai.com/2011/02/baso-makanan-enak-khas-indonesia-yang.html